Sunday, February 10, 2008

Tips : Administrator Group apapun dan dimanapun

Crossposting : cahPamulang

(Pengalaman pribadi mengelola group di Multiply)


Anda mengelola Group?

Berikut ulasan singkat dari tulisan yang akan terus diupdate.

Mohon diperhatikan penambahan admin group ini maupun group manapun harus yang sudah mengenali betul karakter Multiply. Khususnya penggunaan tool "Invite" dan "Delete" yang sangat berdekatan, karena sering ada kejadian salah pencet maka hancurlah group tersebut selamanya. (Entah kalau MP mau reinstate)

Atau kecerobohon admin yang mengakibatkan terhapusnya posting admin lain atau member lain. Semoga suatu waktu nanti MP memiliki tingkatan Admin yang berbeda-beda, hal ini penting sekali dalam pengelolaan group.

(Kami tetap menganggap mengelola group, baik group guyonan atau serius, harus profesional dan bertanggung jawab secara teknis dan administratif, bukan sekedar iseng membuat group tanpa ada kendali atau aturan main yang tegas dan jelas)

Menjadi Admin Group, suatu Kebanggaan atau Beban?

Biasanya undangan menjadi admin saya terima bila saya diberi kewenangan mengatur aturan teknik posting bila tidak maka saya jadi admin pasif saja, atau cukup jadi member biasa saja.

Dan satu hal yang penting, set "admin" sebaiknya hanya untuk yang benar-benar tahu mengoperasikan MP dan mempu me-Netralisir Kepentingan bila tidak bisa hancur group termaksud karena kepentingan yang bermain atau kemampuan teknik pengoperasian MP yang minim.

Sedangkan admin diluar itu (admin content), bisa diangkat dari Member tertentu yang dijadikan Member kehormatan yang punya "kemampuan" mengontrol Content posting. Dan bila content tersebut tidak memenuhi syarat dan bila sudah diperingatkan dihimbau untuk dikoreksi tidak dipenuhi tinggal berikan ke Admin (main admin) untuk di"Delete".

Dan sudah semestinya para Admin-admin tersebut di "pajang" sehingga mudah diakses oleh para member groupnya.

Perlunya Halaman Khusus Interaksi Antar Admin Group tertentu
Mengapa ini diperlukan?

Suatu pertanyaan klasik yang selalu terlontar dari para admin group yang kadang menyepelekan hal ini. Entah karena tidak kemampuan secara teknis atau memang sebenarnya admin tersebut tidak mempunyai kemampuan mengelola group baik berjumlah besar membernya atau kecil.

Ya sangat sekali diperlukan karena ini media interaksi antar admin dan bisa pula menjadi interaksi antar admin dan member group.

Membuat beberapa halaman khusus dan dengan tag khusus adalah cara sederhana untuk mempermudah akses halaman tersebut.

Bagaimana

Lanjut...

No comments:

Blog Archive