Tuesday, August 12, 2008

Eko Yuli Irawan Meraih Perunggu Angkat Besi Olympiade Beijing 2008


Medali Emas dari Penggembala Kambing SEA GAMES 2007
cahpamulang

SIAPA sangka lelaki lajang yang memakai kalung medali emas dan sedang dikerumuni oleh wartawan di hall Nakhon Ratchasima Vocational College itu dulunya adalah seorang penggembala kambing. "Waktu kecil dulu saya punya kambing empat, dan bapak saya tidak mengizinkan saya main atau pergi ke mana saja sebelum saya ’angon’ (dalam bahasa Jawa berarti menggembala) kambing terlebih dulu. Itu pekerjaan saya waktu kecil," kata Eko Yuli Irawan yang mempersembahkan medali emas bagi Indonesia dalam SEA Games 2007 Thailand, Sabtu (8/12).

Atlet pemegang gelar juara dunia junior 2007 yang dia raih pada bulan Mei di Praha, Republik Ceko tahun ini, meneruskan kisah perjalanannya masa lalu hingga dia menjadi seorang atlet angkat besi.

"Saat itu saya masih SD (Sekolah Dasar) di Lampung dan kira-kira umur saya 12 tahun, saya diajak teman-teman nonton orang latihan angkat besi. Eh gak taunya saya malah tertarik untuk ikut latihan. Padahal saya tidak bermodal apa-apa," kata Eko Yuli yang mencatat total angkatan 284 dan sekaligus memecahkan rekor lama SEA Games 2003 yang dibuat atlet Indonesia Jadi Setiadi pada SEA Games di Hanoi dengan total angkatan 270.

"Teman-teman bilang udah pokoknya besok kamu bawa sepatu dan kaos langsung kita latihan," begitu kata atlet kelahiran Lampung 24 Juli 1989 saat mengenang bagaimana pertamakali dia bersentuhan dengan olahraga angkat besi.

Namun ketika ditanya apakah orang tua tidak melarangnya untuk berolahraga angkat besi yang seperti dikenal oleh orang awam merupakan olahraga yang tidak menjanjikan masa depan, dia mengatakan tidak.

"Orang tua tidak melarang, tapi ya itulah yang penting saya sudah selesai angon kambing baru boleh main," tambah atlet yang sekarang berstatus sebagai pelajar SMA IV Balikpapan, Kaltim itu.

"Dulunya saya sempat mau berhenti bergelut di olahraga angkat besi, tapi gak taunya saya malah menang di kejuaraan nasioal, ya akhirnya urung untuk mundur dari olahraga itu,’ katanya.

Ketika ditanya tentang cita-citanya yang berkaitan dengan olahraga angkat besi, Eko Yuli dengan tegas mengatakan ingin sekali menang di Olimpiade. "Saya sangat memimpikan bisa memenangi medali di Olimpiade, entah itu kapan bakal terwujud yang jelas itulah ambisi saya," katanya. (ANT/ABI)



MEDALI PERUNGGU DI OLYMPIADE BEIJING 2008

Source : http://www.jamd.com/search?text=Eko%20Yuli%20Irawan


Olympics Day 2 - WeightliftingOlympics Day 2 - WeightliftingOlympics Day 2 - WeightliftingOlympics Day 2 - WeightliftingOlympics Day 2 - WeightliftingOlympics Day 2 - WeightliftingOlympics Day 2 - WeightliftingOlympics Day 2 - WeightliftingOlympics Day 2 - WeightliftingOlympics Day 2 - Weightlifting


Daylife.com

(L-R) Silver medalist Hong Anh Tuan of Vietnam, gold medalist Long Qingquan of China and bronze medalist Eko Yuli Irawan of Indonesia celebrate on the podium for the men's 56 kg weightlifting event during the 2008 Beijing Olympic Games at the Beijing University of Aeronautics and Astronautics Gymnasium in Beijing on August 10, 2008. From Getty Images by AFP/Getty Images.
Indonesia's Irawan Eko Yuli celebrates with his bronze medal during the medal ceremony for the 56 kilogram weightlifting competition at the Beijing 2008 Olympics in Beijing, China Sunday, Aug. 10, 2008. From AP Photo by Ed Wray.Indonesia's Eko Yuli Irawan makes a lift during the 56 kilogram weightlifting competition at the Beijing 2008 Olympics in Beijing, China Sunday, Aug. 10, 2008. Eko Yuli Irawan won bronze. From AP Photo by Ed Wray.Gold medalist Long Qingquan of China, center, is flanked by silver medalist Anh Tuan Hoang of Vietnam, left, and bronze medalist Eko Yuli Irawan of Indonesia, celebrate on the podium after the men's 56 kilogram weightlifting competition at the Beijing 2008 Olympics in Beijing, Sunday. Aug. 10, 2008. From AP Photo by Andres Leighton.Eko Yuli Irawan of Indonesia shows his bronze medal for the men's 56 kilogrm category of the weightlifting competition at the Beijing 2008 Olympics in Beijing, Sunday. Aug. 10, 2008. From AP Photo by Andres Leighton.

No comments: