Sunday, September 21, 2008

Memaksimalkan Kualitas Suara MP3 Player Anda

Bagi penikmat musik sejati, sulit mendapatkan kualitas suara yang bagus dari sebuah mp3 player portabel. Hal ini bisa berasal dari speaker built in atau earphone yang digunakan atau bisa juga jadi dari piranti pemrosesan suara mp3 playernya. Padahal, kualitas suara yang prima adalah salah satu faktor utama yang diperlukan dalam menikmati musik di mp3 player.

Untuk mengetahui dari mana masalah berasal, cobalah mengganti earphone/headphone atau speaker dengan yang lebih baik kualitasnya, atau setidaknya yang bisa menjadi referensi. Bila kualitas suara yang dihasilkan masih terasa kurang greget atau tak maksimal setelah mengganti earphone, maka bisa jadi chip pemroses suara digital mp3 player Anda yang kurang baik mutunya. Namun kini banyak teknik baru yang digunakan oleh produsen untuk meningkatkan kualitas suara yang dihasilkan oleh mp3 player Anda. Salah satunya dengan mengaplikasikan DSP (digital sound processing) berupa preset equalizer atau bass boost dan meningkatkan akustik pada earphone atau speaker.

Preset equalizer dirancang untuk mampu menghasilkan kualitas suara yang se-natural mungkin, sesuai dengan jenis musik yang didengarkan. Metode ini lebih banyak digunakan daripada full equalizer, karena penggunaannya yang amat rumit bagi player yang memiliki ukuran layar terlalu kecil. Jadi bila Anda kurang puas dengan kualitas suara mp3 player, aktifkan saja fitur DSP yang tersedia, agar suara yang dihasilkan bisa jadi lebih ber`gigi`.

Beyond DSP
Beberapa produsen bahkan merancang DSP yang lebih jauh daripada sekadar preset equalizer atau bass boost, tapi membuat standar sendiri yang bisa menghasilkan suara berkualitas tinggi pada seluruh rangkaian produk mereka, misal TV, DVD player, home theater, dan mp3 player. Misalnya adalah teknologi DNSe (Digital Natural Sound engine) yang dibuat oleh Samsung.

Teknologi DNSe yang kini tersedia dalam versi 2.0 bertujuan untuk memberikan pengalaman menikmati kualitas suara terbaik bagi pengguna. Hal ini dicapai dengan mengatasi berbagai keterbatasan akustik yang ada di earphone dan speaker yang kurang ideal untuk menghasilkan suara stereo yang realistik dan bass yang rendah.

Suara Stereo yang Lebih Alami
Menciptakan suara stereo yang realistik sangat penting bagi penikmat musik, karena seolah-olah menciptakan ilusi suara dimainkan secara live di telinga. Namun keterbatasan pada fisik earphone membuatnya sangat sulit untuk dapat digunakan menikmati musik secara utuh, karena pemisahan saluran suara kanan dan kiri yang tidak alami. Hal ini juga dialami oleh speaker stereo pada alat portabel karena jaraknya yang terlau berdekatan untuk bisa mensimulasikan sebuah environment stereo yang ideal. Untuk mencapai suara stereo 3D yang meyakinkan membutuhkan peletakan posisi speaker kanan dan kiri yang tepat, sebagaimana juga posisi pendengarnya, agar dapat dihasilkan keseimbangan suara yang sempurna. Hal ini berarti ada bagian suara dari channel kiri yang didengar oleh telinga kanan, dan juga ada bagian dari channel kanan yang terdengar oleh telinga kiri. Teknologi DNSe berhasil mencapai keseimbangan optimal ini melalui pemorsesan sinyal yang tepat, menjadikan alat pemutar musik portabel dengan menggunakan speaker built-in atau earphone mampu menghasilkan suara stereo senatural dan sesuai dengan aslinya.

Suara bass untuk Menambah Dimensi Musik
Demikian juga dengan suara bass. Keterbatasan fisik speaker dan earphone membuat hanya suara bass dan upper bass saja yang bisa terdengar, sementara suara bass dengan frekuensi rendah tak bisa didengar sama sekali, sehingga musik akan kehilangan dimensi ketika didengarkan. Untuk mengatasi hal ini, DNSe menggunakan fenomena psycho acoustic yang disebut Missing Fundamental yang memungkinkan pengguna mendengarkan suara bass berfrekueansi rendah, bahkan ketika secara fisik tak bisa diproduksi oleh earphone atau speaker built-in dengan cara mengkalibrasi frekuensi lain sedemikian rupa. Proses ini memaksa otak untuk menggantikan sinyal bass fundamental yang hilang. Dengan cara inilah DNSe memungkinkan suara bass rendah ini untuk dihasilkan oleh earphone atau speaker dari perangkat portabel.

Apapun musik yang Anda dengarkan teknologi DNSe akan membuatnya jadi makin nyata di telinga Anda. Efek-efek 3D, Street Mode, Clarity dan Concert Hall diterapkan dalam beberapa mode preset, seperti Rock, Classic, Vocal dan Bass Boost yang lebih mudah dipahami dan digunakan.

MP3 Player dengan DNSe
Saat ini Samsung telah mengeluarkan berbagai peralatan audio-video yang dilengkapi dengan DNSe 2.0. Salah satu contohnya adalah MP3 player YP-K3AB. YP-K3 memiliki kapasitas penyimpan 2 dan 4 GB, dan mampu membaca format file mp3 dan wma, serta dilengkapi dengan radio FM.

Samsung YP-K3 memiliki desain tipis yang menawan. Warnanya yang halus berkilat dengan lekukan yang lembut, dan aksen krom metalnya membuat K3 jadi salah satu gadget pemutar musik dengan tampilan cantik nan elegan. K3 hadir dengan warna hitam. Fungsi photo viewer dalam format file jpeg disimpan dalam tampilan menu thumbnail yang mudah. Jika Anda membuka sebuah file, thumbnail membesar dan gambar tampil penuh dalam layar OLED full colour 1,8 inci dengan resolusi 160x128 piksel. Baterai lithium polymer mampu memberikan tenaga +/- 25 jam (tergantung cara dan fungsi pemakaian), sebelum harus dicharge ulang dengan menggunakan kabel USB khusus yang dibuat oleh Samsung.

No comments:

Blog Archive