Friday, September 12, 2008

Pencurian Identitas Sedang Tren



Selasa, 09 September 2008, 12.10 WIB
Pemadam Kebakaran Todd Chisom ditangkap karena mengunduh situs pornografi anak-anak. Namun dia tidak bersalah, karena ternyata dia merupakan korban pencurian identitas. Hal yang sama terjadi pada Gary Burkey, kartu bank-nya di-copy.

Jutaan orang telah menjadi korban tiap tahun dan kerugian tahunannya mencapai milliaran dollar. Komisi Perdagangan Internasional mengatakan bahwa 9 juta orang Amerika telah tercuri identitasnya tiap tahun.
Semua yang menggunakan kartu kredit dan debet merupakan korban potensial. nomor rekeningnya mudah di copy, atau dijual.

Pelaku bisa mendapatkan angka dengan meng-install alat perekam pada slot dimana anda pernah memasukkan kartu anda. Disini, sebuah kamera tersembunyi digunakan untuk merekam kode akses. Diyakini, kartu debet Burkey telah di-kloning-kan.

Mesin yang bisa meng-kloning kartu dengan mudah bisa didapat, digunakan dan bisa dibeli di internet. Kasus lain adalah, informasi kartu kredit anda dicuri oleh hacker komputer dan mereka memasarkannya secara on-line.

Pada situs ini, pencuri identitas bisa membeli dan menjual nomor kartu kredit. Bahkan menyediakan sampel kepada calon pembeli.

Bulan lalu, tersangka dari AS, Eropa Timur dan Cina terlibat dalam jaringan tunggal pencurian identitas terbesar yang pernah terbongkar di AS. Jaringan nirkabel toko-toko ritel AS juga dibajak. Melibatkan lebih dari 40 juta kartu debit dan kredit. Diyakini, jutaan dollar telah tercuri.

Sumber VOA | Penulis: Dhika | VO: Maya | Editor:

No comments: