Wednesday, January 30, 2008

Ramalan 2008

Sumber:
Majalah Kartini edisi 27 December 2007

Sesuai dengan sifat tikus tanah yang supel, pandai bergaul, pesolek, peduli terhadap sesama serta disenangi banyak orang, itulah gambaran tahun 2008. Artinya banyak kesempatan yang bisa diraih di tahun ini. Terutama peluang untuk para wanita. Menurut peramal kondang Mama Laurent, kesempatan itu bisa diraih dari segala lini, seperti politik, sosial dan ekonomi. Begitu pula prediksi untuk bisnis para wanita.
Sedangkan untuk kondisi Indonesia secara umum, tak jauh berbeda. Kenaikan BBM (Bahan Bakar Minyak) serta diikuti naiknya bahan kebutuhan pokok, menjadi warna yang tak bisa dihindari. Di samping itu musibah dan bencana masih akan mewarnai di tahun 2008. Meski maut di tangan Tuhan, namun diramalkan akan ada berita meninggalnya 3 artis dan 1 politikus terkenal. Ramalan selengkapnya diteropong oleh Mama Laurent, H. Imam Soeroso MM, serta bhiksu cilik Lung-Lung
Ekonomi & Bisnis
Mama Laurent:Tahun 2008 ini memang penuh warna. Banyak peluang bisnis yang menguntungkan bagi kaum perempuan. Yang penting kreativitas terus diasah. Bisnis menjanjika itu meliputi desain (pakaian, rumah, bunga, dll), koreografer, tim kreatif (untuk artis dan event), serta segala sesuatu yang bersifat jasa kreatif. Jasa kreatif ini semakin dicari orang pada tahun 2008.
Mengingat sebagian masyarakat membutuhkan nuansa-nuansa baru dalam kehidupannya, jasa kreatif ini menjadi lahan bisnis yang cukup menjanjikan. Di samping itu waspadai bisnis mobil, batu bara, kayu serta jual-beli apartemen. Justru bisnis ini akan mengalami kemunduran karena minat masyarakat semakin sedikit. Bagi anda yang berniat memulai bisnis ini sebaiknya berpikir ulang. Karena tak jarang yang akan mengalami gulung tikar.
Selain itu para wanita pun diprediksi mampu memberantas kemiskinan. Ini dilihat dari berkembangnya usaha-usaha yang dimotori perempuan. Sehingga peluang kerja semakin terbuka lebar.
H. Imam Suroso: Secara spesifik perekonomian Indonesia tahun 2008 akan mengalami guncangan hebat sampai menimbulkan kekisruhan. Bukan hanya karena pengaruh moneter internasional tapi dampak dari kenaikan BBM dari jenis yang dikonsumsi masyarakat luas. Begitu juga aksi-aksi pra pilihan presiden yang marak. Masyarakat kelas menengah dan bawah yang akan menderita. Tetapi sepanjang nilai kurs rupiah terhadap dollar AS tak naik ke pusaran di atas 10 ribu rupiah, gejolak ekonomi terutama yang berimbas pada kehidupan masyarakat dan pelaku usaha masih dapat dikelola pemerinrtah.
Politik, Penegakan Hukum & Keamanan
Mama Laurent: Dari segi pilitik kelihatannya akan bergejolak karena persiapan presiden akan berlangsung pada 2009. Pemberantasan korupsi tampaknya akan banyak diperankan atau dilakukan perempuan. Namun begitu wanita diharapkan lebih berhati-hati. Para wanita harus jujur dan tidak boleh berbohong karena inilah kuncinya. Sebab, sesuai dengan shio tikus tanah, sifat negatifnya adalah suka menggerogoti dari bawah. Sehingga jika kesempatan perempuan berpolitik tidak dimaanfaatkan dengan baik dan jujur maka akan hancur.
H. Imam Suroso: Begitu tahun 2008 mulai berjalan, suhu politik cenderung terus naik dan memanas. Sebenarnya ini gejala pra pilihan presiden 2009 karena partai sudah mulai menunjukkan direct action, yang pada move-move tertentu bisa membahayakan rakyat. Dua partai terbesar cenderung ingin mendominasi peta politik nasional bahakn memaksakan kehendak.
Kampanye dimulai dan situasinya kelihatannya akan berjalan panas bahkan cenderung anarkis. Situasi di Ibu Kota lebih berbahaya lagi. Oknum-oknum tak bertanggung jawab yang menyusup ke kampanye akan membuat peserta kampanye berbenturan dengan anggota masyarakat. Ada kemungkinan korban lebih banyak dibanding dengan pemilihan yang lalu, jadi pengamanan kampanye harus ekstra ketat.
Kekacauan juga terjadi pada penegakan hukum. Ini karena lembaga-lembaga negara seperti kepolisian, kejaksaan, aparat kehakiman masih diselimuti korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Oknum-oknum legislatif juga masih merasa aman menerima upeti gelap dari pihak-pihak terkait. Jadi berbagai permasalahan hukum ini bersumber dari melemahnya etos dan kharisma Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tidak akan setegas sebelumnya. Karena itu agar tak menimbulkan law chaos dan dapat menyelamatkan hukum, Mahkamah Konstitusi (MK) yang harus bekerja ekstra keras.
Dari sisi keamanan secara nasional masih cukup mantap. Tetapi perlu diwaspadai perairan perbatasan. Penjagaan perlu ditingkatkan frequensinya mengingat ada perkembangan provokasi negara tetangga yang merasa di-back up Mahkamah Internasional. Sebab 6 pulau di perbatasan terancam lepas.
Kepemimpinan & Pemimpin atau Presiden Wanita
Mama Laurent: Inilah saatnya para perempuan menunjukkan taringnya. Pada tahun 2008 ini kesempatan berpolitik semakin terbuka. Malah selain Megawati yang sudah didapuk partainya sebagai calon presidennya, akan ada beberapa tokoh wanita lain yang mencalonkan diri menjadi presiden. Ini merupakan kemajuan politik bagi wanita.
H. Imam Suroso: Menurut terawangan saya, tahun 2008 ini bukan tahun kebangkitan bagi kaum perempuan. Sebaliknya menjadi tahun muram bagi wanita. Lihat dari fenomena di kabinet sekarang saja. Tidak ada prestasi menonjol dicapai para menteri perempuan. Secara faktual juga tidak akan ada calon presiden wanita selain Megawati. Sebab secara politis partai-partai di luar PDIP menganggap kehadiran capres wanita tidak akan menguntungkan. Belum lagi interest yang sifatnya individual, di mana para tokoh lelaki langsung atau tidak, tidak menyukai kehadiran pesaing dari kaum wanita. Kondisi inilah yang sebenarnya menyebabkan sejumlah tokoh wanita yang semula berniat menampilkan diri sebagai calon presiden mengurungkan niatnya. Selain itu untuk jadi presiden dibutuhkan finansial yang besar, dan tak ada figur perempuan yang memilikinya.
Di bidang ilmiah mungkin 2 atau 3 wanita akan muncul, namun prestasinya secara nasional belum meyakinkan. Tapi kelak daya dan pemikirannya dapat diandalkan.
Tokoh-tokoh wanita akan bermunculan di bidang budaya. Dalam hal ini termasuk "budaya jalanan" di mana aksi-aksi teatrikal yang mereka sajikan di jalanan akan mematangkan mereka sebagai tokoh
Nah, bagaimana dengan popularitas SBY-JK baik di dalam maupun di luar negeri? Menurut saya kalau di mata luar mereka tidak istimewa. DI dalam negeri memasuki pertengahan tahun ada indikasi popularitas mereka drop dan menunjukkan gejala tidak akur. Ini tampaknya karena masing-masing mengincar RI-1 dan sibuk mempersiapkan kampanye.
Figur Publik & Para Artis
Mama Laurent: Kejadian-kejadian besar tampaknya akan mewarnai tahun 2008. Pada tahun tikus tanah ini nanti akan digemparkan dengan meninggalnya 3 artis Ibu Kota. Satu di antaranya laki-laki yang masih muda, sedangkan 2 lagi perempuan. Salah satunya sudah lanjut usia dan meninggal karena penyakit. Tak hanya itu, salah satu tokoh politik pria terkenal pun meninggal. Ia merupakan tokoh yang disegani kawan-kawannya dan ditakuti lawan-lawannya.
Yang mengejutkan lagi, salah satu wanita di Jakarta menemukan obat AIDS. Obat ini menggemparkan dunia internasional. Sebetulnya sudah mulai ditemukan, namun masih dalam proses pembuatan. Obat terbuat dari tumbuh-tumbuhan dan bahan-bahan tradisional.
H. Imam Suroso: Menurut teropongan saya sekitar 3 menteri/mantan menteri jatuh sakit dan kemungkinan meninggal. Secara khusus Imam meneropong tokoh politik Indonesia yang disegani kawan maupun lawannya, "Beliau makin nggrentes hatinya memikirkan keluarganya. Hal ini mungkin menambah beliau sakit parah. Apakah sakitnya akan membuatnya mangkat? Allah yang menentukan." Dari selebriti tampaknya akan ada artis muda yang namanya cukup populer juga diintai maut. Lalu dua orang artis senior, laki-laki dan wanita juga tampak dalam bayang-bayang indera keenam saya akan dipanggil menghadap Sang Khalik
Untuk kalangan selebritis ini kasus kawin-cerai dan narkoba akan meningkat. Menurut terawangan batin saya sekitar 50% artis terlibat narkoba.
Kondisi Alam & Kejadian Luar Biasa
Mama Laurent: Hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun 2008 masih dihantui bencana alam. Ini dilihat dari 11 gunung di Indonesia. Malah gunung yang berposisi di garis 'cincin api' (ring of fire) akan mudah meletus. Gunung yang berada di garis ini bertepatan dengan patahan-patahan yang tengah aktif. Tampaknya belum terlihat perubahan yang lebih baik untuk kondisi alam ini.
Malah, tahun 2008 ini merupakan tahun sambungan dalam proses bencana alam. Artinya tahun 2006 = tahap 1, 2007 = tahap 2 dan tahun 2008 = menjadi tahap 3. Sehingga belum terlihat adanya penurunan. Sedangkan untuk kondisi Ibu Kota, masih terjadi siklus banjir. Karena itu pembangunan waduk harus segera dilaksanakan. Juga harus ada koordinasi dari 3 wilayah, yakni DKI Jakarta, Banten, serta Jawa Barat.
H. Imam Suroso: Memang masih ada bencana di beberapa tempat meski intensitasnya tidak setinggi tahun-tahun sebelumnya. Daerah yang terkena juga tidak seluas tahun lalu. Jenis bencana masih letusan gunung berapi, tanah longsor, gempa.Yang paling parah, kasus-kasus pembalakan hutan makin menjadi-jadi hingga kerusakan ekosistem makin parah.
Karena akan ada gunung berapi yang meletus maka masyarakat harus waspada, terutama yang bermukim di daerah dan sekitarnya. Jangan menganggap remeh, gegabah, malas pindah dan sebagainya. Sedangkan wilayah Papua, Aceh, Sumatera Barat dan Jawa Barat rentan terjadinya bencana tanah longsor.
Pada triwulan pertama semua jenis bencana alam akan mereda. Apalagi musibah banjir, karena musim hujan lebih pendek daripada musim kemarau. Namun air laut rob masih menghantui daerah-daerah yang berada di sepanjang pantai, khususnya Pantai Laut Utara Jawa.
Yang harus diwaspadai adalah akan terjadinya ledakan dan pandemi HIV/AIDS. Hingga kini kita cenderung menagabaikan warning yang diberikan daerah-daerah yang menginformasikan jumlah penderita HIV/AIDS. Yang mencengangkan, keluarga dari alangan atas termasuk pejabat, yang merasa bebas dari penyakit tersebut malah akan terkena serangan.
Hal lain yang perlu ditambahkan, pada tahun 2008 ini angka kelahiran anak akan menakjubkan. Jumlah kelahiran lebih berlipat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Ini dampak dari mengendornya program nasional Keluarga Berencana. Jika tidak diperhatikan, makan pada tahun 2025 nanti terjadi ledakan jumlah penduduk. (Andes Lukman)
Bhiksu Cilik Lung-Lung
Bencana Masih akan Terus Terjadi
Senada dengan para peramal lainnya, Lung-Lung (13) pun mengatakan di tahun 2008 nanti Indonesia masih diwarnai beberapa bencana, "Banjir dan gempa bumi masih akan terjadi apalagi bila manusia tidak mau mengubah kelakuannya yang sering menyakiti alam," ungkap bocah yang selama proses wawancara konon dirasuki Eyang Prabu Siliwangi itu.
Di tahun depan menurutnya, akan banyak musibah yang disebabkan unsur tanah, api dan air. Unsur tanah maksudnya adalah longsor dan gempa bumi karena manusia terus menerus menyakiti tanah. Misalnya akibat penebangan hutan dan pengerukan hasil bumi secara liar. Selain itu kebakaran pun akan banyak terjadi tahun depan. Begitu pula dengan banjir dan hujan deras juga akan melanda Indonesia.
Menurut penglihatan di langit yang ia pantau, semua hal tersebut akan terjadi, hanya saja kapan dan dimana lokasinya ia mengaku tak mengetahuinya. "Yang penting manusia harus waspada karena menurut langit, itu semua pasti akan terjadi," tegasnya. Lebih jauh lagi Lung-Lung mengingatkan bahwa bencana yang lebih dahsyat akan datang sekitar 45 tahun lagi. "Kalau manusia tetap tak berubah, dan tak bisa menghargai alam, maka apa yang dialami 1.000 tahun yang lalu akan kembali terjadi," ungkapnya serius.
Ia menggambarkan, 1.000 tahun yang lalu komposisi perairan lebih besar daripada daratan. Hal seperti itu akan kembali terjadi jika manusia tak melakukan apa-apa untuk memperbaiki lingkungan. "Gunung-gunung es di kutub akan terus mencair sehingga meningkatkan volume lautan dan akan banyak daratan yang tenggelam," ungkapnya. Ia pun melihat banyak sekali korban jiwa yang meninggal karena kejadian itu, bahkan mungkin menyebabkan musnahnya satu generasi.
Sedangkan dalam dunia politik, Lung-Lung mengatakan bahwa pemilu tahun depan akan diwarnai dengan persaingan ketat. Ia melihat banyak orang baru yang akan mencalonkan diri untuk berbeut kursi Presiden. "Nanti akan ada nama-nama baru yang bermunculan, meskipun kebanyakan masih kaum pria daripada wanita," ujarnya.
Menurutnya, Indonesia tak akan mengalami banyak perubahan selama mental pemimpinnya tidak jujur dan tidak memihak pada rakyat. "Untuk menjadi lebih baik, Indonesia butuh pemimpin yang dapat bertindak tegas melawan korupsi dan segala hal yang dapat membuat rakyat menderita," ungkapnya bijak. Namun masyarkatnya pun harus berubah dengan memperbaiki dan lebih mendekatkan diri lagi kepada Tuhan.
Sedangkan mengenai perkembangan di dunia entertainment tahun 2008 nanti, Lung-Lung tak berani berkomentar banyak, karena ia belum mendengarkan kabar tersebut dari langit. (Selvy Widuhung)
mediacare

No comments:

Blog Archive