Thursday, October 30, 2008

Sungai Ciliwung Masih Penuh Sampah

30/10/2008 07:09 - Banjir
Sungai Ciliwung Masih Penuh Sampah

Liputan6.com, Jakarta: Gunungan sampah masih terlihat di sejumlah ruas Sungai Ciliwung, Jakarta Timur, Rabu (29/10). Kondisi ini amat mengganggu warga yang tinggal di Kelurahan Cililitan. Selain bau, warga juga khawatir sampah akan menghambat aliran sungai. Sebab, tanpa tumpukan sampah pun wilayah sekitar Cililitan selalu dilanda banjir di musim penghujan.

Warga telah mengadu kepada petugas dinas kebersihan setempat, namun masalah ini belum bisa diatasi. Mereka sempat berupaya sendiri menyingkirkan sampah dan berharap warga sepanjang Sungai Ciliwung tak lagi membuang sampah ke sungai. "Warga Pasar Minggu, Depok, jangan suka buang sampah sembarangan di kali," kata Ahmad Ali, warga di tepi Sungai Ciliwung.

Dinas Pekerjaan Umum sebetulnya telah berupaya mengatasi tumpukan sampah Sungai Ciliwung dengan alat pengeruk. Namun, upaya itu dihentikan karena permukaan air yang masih dangkal menyulitkan proses pengerukan.

Menteri Pekerjaan Umum DJoko Kirmanto menyatakan telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menghadapi kemungkinan banjir mendatang. "Kita akan cek semua pompa yang ada berjalan dengan baik," ucap Djoko.(YNI/Tim Liputan 6 SCTV)


No comments:

Blog Archive