Tuesday, October 28, 2008

Ucapan-ucapan Presiden Yang Bodoh, Terpelintir, Terpeleset Dan Memalukan

http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=11305&post=1

Setiap orang bisa saja salah bicara, termasuk seorang Presiden sekalipun. Tapi kalau salah bicara itu dilakukan puluhan kali dan di berbagai kesempatan, sepertinya ada yang salah dengan diri orang itu.

Ucapan adalah buah pikiran.Jadi kesalahan ucap yang dilakukan berulang kali yang telah dilakukan oleh Presiden Amerika Serikat George Walker Bush – yang akan dipaparkan berikut ini – sepertinya patut menjadi pertanyaan bagi kita, kok bisa, ya, dia dipilih oleh rakyat sebagai presiden Amerika Serikat, ya ? Jangan sampai, deh presiden kita seperti ini.

Berikut beberapa ucapan yang keliru, aneh dan kacau tersebut dari Presiden ke-43 Amerika Serikat :

1. Keluarga adalah dimana bangsa kita menemukan harapan, di mana sayap-sayap membawa mimpi. (Ungkapan yang tidak jelas maknanya)

2. Saya mengakuinya, saya bukanlah salah seorang ahli bahasa yang besar. (Kalimat yang sudah jelas tidak perlu diungkapkan).

3. Untuk setiap tembakan yang mematikan, terdapat kira-kira tiga tembakan yang tidak mematikan. Dan, saudara-saudara, ini tidak dapat diterima di Amerika. Itu tidak dapat diterima saja. Dan kita akan melakukan sesuatu mengenai masalah tersebut.(Bertolak belakang)

4. Saya adalah orang yang mengenali buah pikiran yang keliru dari manusia.(Padahal buah pikirannyalah – yakni ucapanya – yang sering keliru)

5. Saya mempunyai pendapat-pendapat sendiri, pendapat-pendapat yang kuat, tetapi saya tidak selalu setuju dengan pendapat-pendapat itu. (Aneh tidak setuju dengan pendapat sendiri)

6. Saya mengetahui bahwa manusia dan ikan dapat hidup di waktu yang sama dengan damai. (Apakah Bush tidak makan ikan?)

7. Saya mengetahui betapa sulitnya menaruh makanan di keluarga Anda.(Ungkapan yang aneh).

8. Saya mengetahui apa yang saya yakini. Saya akan terus mengartikulasikan apa yang saya yakini dan apa yang saya yakini - saya yakin apa yang saya yakini adalah benar. (Kalimat mempertegas yang tidak perlu)

9. Saya berjanji kepada Anda, saya akan mendengarkan apa yang telah dikatakan di sini, meskipun aku tidak di sini.(Bertolak belakang)

10. Saya baru-baru ini berjumpa dengan menteri keuangan dari Pemerintah Otoritas Palestina, dan sangat terkesan oleh genggamannya atas keuangan. (Pilihan kata yang aneh).

11. Saya berpikir siapapun yang tidak berpikir kalau saya adalah seorang yang cukup cerdas untuk menangani pekerjaan itu adalah sedang meremehkan saya.(Kalimat yang sudah jelas dan tidak perlu diungkapkan).

12. Saya pikir peperangan adalah sebuah tempat yang berbahaya.(Semua orang juga tahu).

13. Saya mengerti mengenai pertumbuhan usaha kecil. Saya adalah salah satunya.(Apakah Bush seorang pengusaha kecil?)

14. Saya berharap saya bukanlah presiden peperangan.Siapa yang di saat terjepit menginginkan untuk menjadi presiden peperangan? Saya tidak mau.(Kalau tidak mau kenapa dia tetap jadi presiden ?)

15. Saya bukanlah seorang novelis yang sangat baik. Tetapi ini telah menjadi sebuah novel cantik yang menarik.(Walaupun sebetulnya tidak ada novel yang dibuatnya).

16. Jika anjing-anjing terrier dan bariff diruntuhkan, ekonomi ini akan tumbuh.(Ungkapan yang aneh)

17. Jika ini adalah sebuah pemerintahan diktator, hal itu akan menjadi sebuah keterdesakan dari banyak hal yang lebih mudah - asalkan saya adalah diktatornya. (Dia mengakui seandainya dia seorang diktator maka hal-hal mudah dianggap mendesak).

18. Saya juga tidak sangat analitis. Anda mengetahui kalau saya tidak menghabiskan banyak waktu untuk berpikir mengenai diri sendiri, tentang mengapa saya melakukan segala sesuatu.(Dia mengakui tidak berpikir banyak untuk melakukan sesuatu alias asal saja).

19. Saya adalah pakarnya dari harapan-harapan yang rendah. (Pengakuan yang memalukan)

20. Saya adalah pemimpin - lihat, saya tidak perlu menjelaskan – Saya tidak perlu menjelaskan mengapa saya mengatakan hal-hal itu. Itulah yang menarik menjadi seorang Presiden. (Pengertian yang sempit tentang jabatannya sendiri dan suatu kebodohan mengungkapkannya kepada orang lain).

21. Hal itu akan menjadi suatu kekeliruan bagi Senat Amerika Serikat apabila mengizinkan segala hal dari pengeloningan manusia keluar dari ruangan sidang itu. (Berarti proses pengeloningan manusia sedang terjadi di dalam ruang sidang senat).

22. Jarang pertanyaan ini ditanyakan: Apakah anak-anak kita sedang belajar? (Dia menggunakan ungkapan “learning” yang berarti belajar secara umum. Tentu saja semua anak-anak belajar. Seharusnya dia menggunakan kata “studying” yang secara khusus mengacu kepada proses belajar, seperti mengulang pelajaran di rumah).

23. Musuh kita banyak akal dan inovatif, dan begitu juga dengan kita. Mereka tidak pernah berhenti berpikir mengenai cara-cara baru untuk menjatuhkan negara kita dan bangsa kita dan tidak lain kita pun demikian.(Pengakuan bahwa Amerika Serikat sama saja dengan musuh-musuhnya itu).

24. Yang menjadi masalah dengan Perancis adalah bahwa mereka tidak mempunyai sebuah kata untuk usahawan. (Maksudnya kata “entrepreneur” dan sekali ini Bush benar, lihat di sini. Namun ada atau tidak sebetulnya tak ada hubungannya dengan keadaan negara Prancis).

25. Ada suatu ungkapan tua di Tennessee, saya mengetahuinya ketika di Texas, mungkin Tennessee, yang berkata “Tipu saya sekali (Bush terdiam), malu pada…malu padamu. (Bush terdiam agak lama) Tipu saya. (Bush terdiam lagi) Kamu tidak bisa menipu lagi”.
(Bush si pelupa yang sok tahu)

26. Mereka sudah keliru menilaiku sebagai seorang pemimpin. (Ungkapan kekesalan terhadap orang-orang yang mengeritik kebijaksanaannya)

27. Mereka tidak salah menilai mengenai saya. (Sebaliknya ini adalah pengakuan kebenaran penilaian orang lain terhadap dirinya).

28. Bahan politik luar negeri ini adalah sedikit rasa frustasi. (Rasa frustasi dijadikan bahan politik luar negeri, aneh).

29. Kita tidak bisa membiarkan negara-negara teroris dan penjahat itu menahan rasa bermusuhan bangsa ini atau menahan rasa bermusuhan sekutu-sekutu kita. (Berarti AS dan sekutunya tidak mau perdamaian dan suka bermusuhan)

30. Kita memerlukan sebuah RUU mengenai energi untuk mendorong konsumsi (Apakah untuk meningkatkan konsumsi diperlukan sebuah UU?)

31. Kita sebaiknya membuat kue pie yang lebih tinggi.(Kalimat ini tidak diketahui konteksnya)

32. Kita perhatian terhadap AIDS di dalam Gedung Putih kita ini – jangan sampai salah mengenai hal ini.(Maksudnya memang pemerintah sangat memperhatikan masalah AIDS bukannya ada AIDS di dalam Gedung Putih, dan Bush sendiri mengingatkan agar wartawan jangan salah mengerti dengan kalimatnya yang memang payah).

33. Akankah jumlah jalan raya di internet menjadi lebih sedikit? (Bush salah mengerti mengenai istilah ”information highway” atau jalan raya informasi di internet)

34. Apakah Anda mempunyai yang hitam-hitam itu juga? Kepada Presiden Brazil, Fernando Cardoso.(Bush kesulitan mencari kosa kata untuk apa yang dimaksudnya, mungkin nama makanan atau sesuatu yang lain)

35. Ketika aku muda dan tidak bertanggung jawab, aku muda dan tidak bertanggungjawab. (Pengulangan yang menyebalkan)

36. Anda bebas. Dan kebebasan adalah indah. Dan, anda tahu, kebebasan itu akan memakan banyak waktu untuk memulihkan kekacauannya dan perintah, ya perintah untuk keluar dari kekacauan itu. Tetapi kita akan melakukannya. (Suatu ungkapan jujur dari seorang kepala negara yang menganut liberalisme, bahwa kebebasan itu membawa kekacauan).

37. Ini masih sebuah dunia yang berbahaya. Ini adalah dunianya orang-orang gila dan orang-orang yang kurang pertimbangan dan kehilangan potensi mental. (Sebuah pengakuan tentang kondisi di Amerika atau kondisi dirinya sendiri).

38. Saya berpikir ada seekor kuda Trojan bersembunyi di dalam semak-semak berusaha untuk menggunakan tipuannya atas masyarakat Amerika. (Suatu kecurigaan khas Amerika atas bangsa lain, atau ini hanya merupakan pikiran buruk Bush)

39. Ini adalah suatu dunia yang jauh lebih tidak pasti dibanding di masa yang lalu. Di masa lalu kita yakin, kita yakin itu ketika kita melawan Rusia di masa lalu. Kita yakin oleh karena kita mempunyai gudang senjata nuklir sangat besar dan mengarah ke satu sama lain untuk memelihara perdamaian. Itulah yang kita yakin akan …Anda lihat, meskipun ini adalah sebuah dunia yang tidak pasti, kita yakin akan beberapa hal. (Pengakuan bahwa Amerika Serikat memiliki senjata nuklir padahal AS selalu menekankan kepada negara-negara lain untuk tidak boleh memilikinya).

40. Itu sudah jelas bahwa bangsa kita terikat dengan minyak asing yang besar. Lebih dan lebih banyak lagi barang impor kita yang datang dari luar negeri. (Menunjukkan kondisi ekonomi Amerika)

41. Saya berpikir kita sepakat bahwa masa lalu telah selesai. (Sudah jelas dan tidak perlu dikatakan)

42. Dan tidak ada keraguan di dalam pikiranku, tidak ada satu keraguan pun di dalam pikiranku, bahwa kita akan gagal. (Seharusnya seorang presiden mengucapkan kata-kata optimis, buka keputusasaan).

43. Pertanyaan yang penting adalah berapa banyak tangan yang harus kusalami. (Rupanya Bush berpikir betapa banyaknya orang-orang yang harus ditemui dan disalaminya. Padahal bisa saja ia memilih untuk menyalami orang-orang tertentu saja tanpa bertanya seperti itu kepada orang lain)

44. Jenderal … (terdiam). Saya tidak bisa menyebut jenderal itu- (Ketika Bush diminta untuk menyebutkan nama Presiden Pakistan ke-14, Asif Ali Zardari, suami dari mantan PM Benazir Bhutto. )

45. Kita menghabiskan banyak waktu apabila membicarakan tentang Afrika, sepertinya harus begitu. Afrika adalah suatu bangsa yang mengidap penyakit yang tidak masuk akal. (Suatu penghinaan dengan menjeneralisasi, padahal di benua Afrika terdapat ratusan bangsa dan negara)

46. Peperangan atas teror yang melibatkan Saddam Hussein oleh karena sifat alami Saddam Hussein sendiri, sejarah dari Saddam Hussein sendiri, dan kesediaannya untuk meneror dirinya sendiri. (Alasan untuk pembenaran kebijakannya menyerang Irak)

47. Ketika saya masih kanak-kanak, saya teringat ketika mereka biasa menempelkan di daerah Barat yang tua sebuah poster pencarian orang. Poster itu bertulisan, Dicari : Mati atau Hidup.” (Perkataan yang tidak menarik karena semua orang sudah tahu).

48. Jawabanku adalah untuk membawa mereka pada perang itu – pernyataan Bush atas serangan militan Irak atas pasukan Amerika di Iraq. (Maksudnya tentara-tentara AS itu dikirim memang untuk berperang, jadi Bush tidak peduli dengan nasib bangsanya di tengah perang sia-sia itu).

(Anw)

Sumber : Berbagai sumber

No comments:

Blog Archive